Tuesday, September 15, 2009

Sudahkah bahasa Indonesia menjadi Tuan Rumah di Negaranya Sendiri?

Terbuka terhadap negara lain memang merupakan suatu sikap dewasa yang harus dimiliki oleh sebuah negara untuk dapat berkembang maju. Akan tetapi, perlu menjadi renungan bagi kita bersama apabila kemajuan tersebut telah menghilangkan akar dari budaya atau bahkan karakteristik yang dimiliki oleh suatu bangsa, akankah masih dapat kita katakan sebagai hal yang baik yang dapat memajukan suatu negara?

Indonesia, merupakan suatu negara yang penuh dengan kekayaan baik fisik (kondisi alam) maupun batin (keanekaragaman budaya dan bahasa). Akan tetapi, pernahkah kita sebagai bangsa Indonesia menyadari hal tersebut? Sangat disayangkan bila bangsa lain menyadari hal tersebut, tetapi bangsa Indonesia sendiri tidak!

Banyak hal yang membuat saya prihatin mengenai kondisi ini. Mungkin secara kebetulan saya adalah seorang bangsa Indonesia, tetapi kalau kita mau coba bersikap lebih obyektif menanggapi hal ini, sebenarnya lebih karena keprihatinan yang dimiliki oleh seorang warga negara yang melihat mulai memudarnya identitas diri bangsanya.

Lihat saja bagaimana penggunaan bahasa Indonesia di kalangan bangsa Indonesia sendiri.

No comments: